Rabu, 07 Maret 2012

Cara Mudah Membuat Email

         Email (electronic mail) merupakan salah satu jenis surat yaitu surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau surat kawat. Pengertian email sendiri adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (biasanya dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar penggunaan Internet.

            Untuk mengirim email kita harus mempunyai alamat terlebuh dahulu dengan mendaftarkan diri di penyedia layanan email dengan cara mengisi formulir yang disediakan dan mengikuti petunjuk. Layanan ini gratis (tidak dipungut biaya), namun ada juga yang berbayar, misalnya di yahoo atau google. Alamat email memuat  2 identitas yaitu identitas pengguna dan identitas penyedia layanan email yang dipisahkan dengan tanda “@”. Misal boedi@yahoo.com, boedi merupakan identitas pengguna dan yahoo merupakan identitas penyedia layanan email sedangkan .com merupakan domain. User name tidak boleh berisi simbol contoh #,$,%,&,?,<,(.

Keuntungan dalam yaitu di email kita dapat melampirkan file digital yang tidak bisa kita lakukan jika menggunakan surat biasa. Kita dapat melampirkan foto, file audio maupun video. Pengirim juga tidak memerlukan kertas, amplop, pulpen dan perangko. Jangkauannya bisa seluruh dunia dan dalam hitungan detik sampai ke tempat tujuan. Kita masih memiliki surat yang kita kirim.

Email juga memiliki kelemahan diantaranya bila tidak jeli menulis alamat bisa salah kirim. Kemungkinan disadap oleh orang yang tidk bertanggung jawab, jadi harus hati – hati bila mengirim berisi dokumen penting. Adanya e-mail sampah (junkmail/spam) atau kebanjiran email jika sudah lama tidak membuka email masuk.

Berikut merupakan istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.






           

0 komentar:

Posting Komentar