Senin, 08 Oktober 2012

Blog Sepi Bagaimana Ini??? Bagian 1


Blogger mana yang tidak ingin blognya ramai dan banyak komentar ? Pasti hampir semua ingin, kecuali bagi beberapa blogger yang memiliki zona privasi yang ketat untuk blog-nya. Komentar bisa dikatakan sebagai pembangun, dan pemberi semangat bagi para blogger untuk terus menulis dan berkarya. Maka tidak heran, jika ada beberapa blogger yang down dan tidak lagi semangat nge-blog karena blog yang dimilikinya sepi tanpa komentar. “Buat apa nge-blog jika tidak ada yang baca ?” begitu katanya. Memang tidak sepenuhnya salah jika dikatakan bahwa komentar adalah salah satu tanda dibaca-tidaknya sebuah postingan, namun tentu saja paradigma seperti ini agak keliru.

Mengapa tidak ada yang komentar ?

Postingan sudah dibuat sebaik mungkin, dan tulisan pun sudah diatur sedemikian menarik. Kenapa belum ada yang komentar ? mungkin ada beberapa sebab yang perlu kita sikapi dengan bijak. Yuk, kita telusuri penyebabnya dari berbagai sisi.

A. Dari sisi pembaca :
1. Pembaca belum memiliki minat untuk berkomentar, sehingga tulisan hanya dibaca sekilas kemudian ditinggalkan.
2. Pembaca tidak tahu harus berkomentar apa.
Yah, adakalanya pembaca ingin sekali berkomentar dan menyampaikan terima kasih, namun bingung dan tahu harus menyampaikan apa, akhirnya pupuslah keinginan untuk menitip komentar di blog. Pembaca yang seperti ini banyak, jadi yakin saja bahwa ada yang telah membaca tulisan yang telah kita buat.
3. Pembaca menunda komentar.
Mungkin ketika pembaca melihat postingan yang kita miliki, ia belum memiliki waktu untuk berkomentar saat itu sehingga menunda memberikan komentar. Jadi harap sabar, dan tunggu pembaca datang lain kali untuk memberikan komentar.
4. Pembaca enggan berkomentar.
Mungkin karena menganggap tulisan yang kita buat tidak perlu dikomentari ataukan ia berpikir jangan sampai komentar yang ia sampaikan tidak berguna dan hanya menimbulkan perdebatan dikemudian hari.

B. Dari sisi Blog :
1. Blog dan tulisan yang kita miliki masih kurang menarik.
Mungkin bagi kita, tulisan yang kita buat sudah sangat menarik, namun bagi orang lain tidak. Untuk itu, kemampuan menulis dan mengolah kata, harus terus kita latih.
2. Postingan yang kita tulis adalah hasil Copy Paste.
Walaupun menarik dan sangat bermanfaat bagi orang lain, namun jika tulisan yang kita buat adalah hasil copy paste, biasanya akan menyebabkan pembaca enggan untuk berkomentar.
3. Blog terlalu berat diakses, akhirnya pembaca hanya datang sekilas dan bergegas untuk pergi
Menu komentar yang sulit diakses dan ribet. Misalnya saja penambahan menu captcha dan plugin anti spam, disisi lain memang memberikan banyak manfaat, namun bisa mengurangi minat pembaca untuk berkomentar.
4. Moderasi komentar. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan banyak pembaca kurang bersemangat untuk berkomentar. Karena sifat pembaca berbeda-beda, sebagian diantara mereka pasti ada yang ingin komentarnya langsung tampil dan tanpa melalui proses “edit”.




sumber:
http://angingmammiri.org/tips-membuat-postingan/

0 komentar:

Posting Komentar